KOSN tingkat Kecamatan Pasar Rebo

Kontingen SMK Islam PB. Soedirman 2 Jakarta, berhasil meraih 4 gelar juara di event KOSN (Kompetisi Olahraga Siswa Nasional) tingkat Kecamatan Pasar Rebo . Ke 4 gelar juara tersebut terdiri atas 1 gelar juara pertama, 1 gelar juara kedua dan 2 gelar Juara ketiga.

KOSN adalah istilah baru untuk event kejuaraan olahraga siswa, yang dulu dikenal sebagai O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional), dan dibakukan sebagai kejuaraan resmi paling bergengsi bagi pelajar di Tanah Air. Untuk tingkat Kecamatan Pasar Rebo, KOSN Tahun 2020 digelar di GOR Ciracas, GOR Balai Rakyat Condet, Gelanggang Renang Rindam Abinaya dan Lapangan Denzipur, Selasa (18/02/2020). Kontingen SMK Islam PB. Soedirman 2, dipimpin Ihsan Mustaqim, S.Pd selaku Guru Penjasorkes.

Satu dari satu gelar juara pertama dipersembahkan dari cabang Olah Raga Basket Putri. Gelar berikutnya satu gelar juara kedua dipersembahkan dari Cabang olah Raga Basket Putra. selanjutnya dua gelar juara ketiga diraih oleh Cabang Olah Raga Renang atas nama Agung Gilang Karisma (XI Animasi) dan Bulu Tangkis atas nama Wanda Aulia Azzahra (XI Animasi).

Semoga SMK Islam PB. Soedirman 2 dapat mempertahankan gelar juara ini ditahun-tahun mendatang bahkan memperbanyak gelar juara di cabang olah raga yang lainnya. Hal ini merupakan bukti bahwa peserta didik SMK mampu bersaing dalam bidang olah raga bahkan meraih prestasi yang gemilang.

ISO Maret 2020

Sertifikasi ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk/jasa yang dihasilkannya.

Sistem manajemen mengacu pada apa yang organisasi lakukan untuk mengelola proses, atau aktivitas, sehingga produk atau jasa memenuhi tujuan yang telah ditetapkannya sendiri, seperti:

  1. Memenuhi persyaratan kualitas pelanggan,
  2. Sesuai dengan peraturan, atau
  3. Tujuan lingkungan.

Sertifikasi ISO 9001:2015 adalah suatu standar internasional untuk Sertifikasi Sistem Manajemen mutu atau sertifikasi sistem manajemen Kualitas. sertifikasi ISO 9001:2015 menetapkan persyaratan-persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sertifikasi Sistem Manajemen Kualitas, yang bertujuan untuk menjamin bahwa organisasi akan memberikan produk (barang dan atau jasa) yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh badan dunia yaitu BADAN ISO.

Bila sudah lulus audit dan meraih sertifikasi ISO 9001:2015 berarti organisasi atau perusahaan tersebut telah memenuhi Persyaratan-persyaratan yang ditetapkan. Hal ini dapat memenuhi kebutuhan spesifik dari pelanggan, di mana organisasi yang dikontrak itu bertanggung jawab untuk menjamin kualitas dari produk-produk tertentu, atau merupakan kebutuhan dari pasar tertentu, sebagaimana ditentukan oleh organisasi.

SMK Islam PB. Soedirman 2 telah menyelenggarakan ISO sejak tahun 2012. Tujuannya adalah untuk meningkatkan manajemen mutu di SMK Islam PB. Soedirman 2 yang dilaksanakan setiap tahun. Pada Tanggal 3 dan 6 Maret 2020 Kami mengadakan audit internal. Adapun bidang-bidang yang diaudit adalah:

1. Kurikulum
2. Sarana dan prasarana
3. Kesiswaan
4. Kepala Program Studi (Kaprog)
5. Bimbingan Konseling (BK)
6. Tata Usaha (TU)
7. Perpustakaan

Bebras

Bebras merupakan aktivitas ekstra kurikuler yang dikompetisikan untuk mengedukasi kemampuan problem solving dalam informatika. Siswa peserta akan mengikuti kompetisi bebras di bawah supervisi guru, yang dapat mengintegrasikan tantangan tersebut dalam aktivitas mengajar guru. Kompetisi ini dilakukan setiap tahun secara online melalui komputer. Bebras pertama kali digelar di negara Lithuania dengan jumlah peserta terbanyak di dunia.

Kegiatan Bebras ini mengadakan lomba kompetisi yang berupa sekumpulan soal yang disebut Bebras taskBebras task disajikan dalam bentuk uraian persoalan yang dilengkapi dengan gambar yang menarik, sehingga siswa dapat lebih mudah memahami soal. Soal-soal tersebut dapat dijawab tanpa perlu belajar informatika terlebih dahulu, tapi soal tersebut sebetulnya terkait pada konsep tertentu dalam informatika dan computational thinkingBebras task sekaligus menunjukkan aspek informatika dan computational thinking.

Bebras didirikan di negara Lithuania oleh Prof. Valentina Dagiene dari University of Vilnius pada tahun 2004. Di Indonesia Bebras Challenge untuk pertama kalinya diselenggarakan pada bulan November 2016.

SMK Islam PB Soedirman 2 adalah salah satu peserta yang mengikuti program Bebras. Peserta didik dengan penuh semangat dan senang mengikuti kegiatan ini. Setiap peserta didik yang mengikuti kompetisi Bebras akan mendapatkan sertifikat yang bisa memberikan nilai tambah bagi mereka dalam melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi ataupun dalam dunia kerja.

SOEDIRMAN CUP

SMK Islam PB. Soedirman 1 & 2 kembali menyelenggarakan event SOEDIRMAN CUP Volley Competition tingkat SMP sederajat untuk yang kedua kalinya. Event ini diselenggarakan pada tanggal: 15 – 16, 22 – 23 February 2020 yang diikuti sebanyak 27 SMP/sederajat se DKI Jakarta. Adapun tempat pelaksanaan diselenggarakan di lapangan SMK 1 dan 2 dimulai pukul: 08.00 WIB. Dalam Event ini memperebutkan piala Soedirman Cup sekaligus uang pembinaan sebagai bentuk apresiasi Kami terhadap pemenang.

Tujuan terselenggaranya kegiatan inipun adalah untuk meningkatkan sportivitas kepada peserta didik sejak remaja. Karena semangat sportivitas ini yang di dalamnya terdapat nilai-nilai kejujuran dalam memperjuangkan suatu kemenangan. Selain itu terdapat juga nilai-nilai mengenai menghargai proses. Jika ingin memenangkan suatu kompetisi, tidak ada yang instant maka ada proses yang harus dilalui seperti rutin latihan seminggu 4 kali. setiap latihan menghabiskan waktu 3 – 4 jam.

Adalagi nilai-nilai yang didapatkan dari semangat sprotivitas ini yaitu berupa  disiplin. Nah dengan disiplin latihan, disiplin dalam hal pengaturan waktu, disiplin istirahat, disiplin mengenai asupan gizi yang dimakan maka akan menciptakan jiwa sehat yang penuh dengan sportivitas. Maka hal yang diharapkan dengan menjunjung tinggi nilai sportivitas akan mencetak generasi kuat yang jujur dan bertanggung jawab. Sehingga generasi mendatang akan menjadi generasi yang unggul dan cekatan.