Programmer

Siapa sih programmer itu? Programmer adalah seseorang yang mempunyai skill untuk membuat aplikasi website, desktop, maupun mobile. Bayangkan jika dunia ini tanpa mas Programmer? bakal anta seperti kehidupan teman-teman ini >,<. Programmer menciptakan aplikasi dengan mengikuti Syntax bahasa pemrograman yang ia pilih. 

Jenis-jenis Programmer

1. Frontend Programmer    
Programmer jenis ini adalah programmer yang bertugas untuk menangani tampilan sebuah aplikasi, entah itu website, desktop, maupun mobile. Programmer jenis ini haruslah mempunyai skill Html, Css, Javascript. Html merupakan tulang punggung sebuah website. Contohnya tulisan ini dibuat oleh html. Sedangkan Css merupakan kode untuk mengontrol tampilan website seperti pewarnaan,tata letak, dan lain-lain. Terakhir Javascript untuk membuat website menjadi interaktif kepada user/pengunjung. 

2. Backend Programmer
Programmer jenis ini adalah programmer yang bertugas untuk menangani bagian serverside atau bisa disebut ‘bagian belakang website’. Jika frontend ‘bagian depan website’, backend sebaliknya. Skill yang harus dimiliki diantaranya : menguasai bahasa pemrograman serverside, seperti PHP, Ruby, Python, dan lain-lain(Minimal 1 bahasa pemrograman serverside) dan database. Perihal mengirim data dan mengurus data adalah tugas backend programmer.


3. Fullstack Programmer    
Jenis programmer ini adalah programmer yang bisa frontend dan backend. Dalam artian mempunyai skill frontend programmer dan backend programmer. Jenis ini pada umumnya mempunyai skill yang baik di frontend maupun backend dan cenderung mempunyai banyak pengalaman di dunia programming.

Frontend atau Backend ?Itu tergantung dengan pilihan teman-teman masing-masing. Jika kalian menyukai design visual, silahkan memilih Frontend, jika lebih suka memecahkan masalah di sarankan memilih Backend. Frontend atau backend itu pilihan kalian…