Persiapan Coding

Sebelum melakukan suatu kegiatan, kita harus mempersiapkan peralatan ataupun membaca prosedur yang berlaku. Sama halnya teman-teman coding, butuh yang namanya persiapan dan peralatan untuk menunjang pembelajaran coding kalian. Yuk langsung aja dibaca…


1. Nyaman

Teman-teman harus mencari tempat yang nyaman untuk belajar coding supaya mudah mengerti. Tak dapat dipungkiri Lingkungan yang Nyaman termasuk salah satu faktor utama kunci sukses belajar.

2. Kopi (Opsional)

Dalam reset, kopi banyak sekali manfaatnya teman-teman. Pertama, Menghilangkan kantuk. Kafein pada kopi dapat menghilangkan kantuk. Kedua, Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Dr.  Carrie H. S. Ruxton dan dipublikasikan di Nutrition Bulletin, kandungan kafein dalam kopi dapat memengaruhi fungsi otak. Ketiga, Daya ingat menjadi lebih baik. Kopi dipercaya dapat meningkatkan ingatan seseorang akan sesuatu. Namun, hal ini tergantung pada kondisinya. Keempat, Meningkatkan fungsi otak. Beberapa aspek fungsi otak yang dapat meningkat adalah mood, fokus dan perhatian akan sesuatu, proses mempelajari sesuatu, kewaspadaan, dan reaksi terhadap apapun itu.

3. Buku & Musik

Buku dan Musik dapat membuat teman-teman menjadi rileks dan mudah mengerti pelajaran yang sedang dipelajari. Menurut Yunsirno dalam Utomo mengatakan bahwa, “Untuk menyeimbangkan kecenderungan dominasi otak kiri, perlu dimasukkan musik, seni, estetika, atau hal lain yang berhubungan dengan otak kanan dalam pengalaman belajar dan kehidupan anak. Semua itu menimbulkan emosi positif yang membuat otak lebih efektif berpikir. Selain itu Musik dan otak saling berhubungan. Ketika otak kiri sedang belajar dan berusaha untuk berkonsentrasi penuh, tiba-tiba pikiran melayang kemana-mana. Karena tidak ada pekerjaan, maka biasanya otak kanan akan mulai bosan dan mulai mengganggu konsentrasi belajar.”

4. Laptop / Komputer

Laptop wajib dibawa ya teman-teman. Boleh menggunakan laptop boeh menggunakan komputer. Terserah teman-teman enaknya pakai laptop atau komputer. Laptop tidak perlu ber-spek tinggi karena kita hanya menggunakan text editor, browser, dan software XAMPP untuk coding.

5. Internet

Internet sudah pasti dibutuhkan. Alhamdulillahnya, coding tidak terlalu menguras kuota. Tidak seperti Youtube yang menguras kuota terlalu banyak.

6. Browser

Sudah pasti kita akan menggunakan browser untuk merender codingan kita dalam bentuk website. Teman-teman bebas untuk memilih browser kesukaan teman-teman. Saya menggunakan chrome untuk keperluan ini.

7. Text Editor

Teman-teman kenal notepad?Ya itu salah satu text editor. Tapi bukan untuk keperluan Coding. Kita akan menggunakan salah satu text editor bernama sublime text untuk keperluan coding kita. Teman-teman dapat download disini…

8. XAMPP

Terakhir, teman-teman butuh software XAMPP. XAMPP adalah software untuk keperluan developing website berbasis PHP. Software ini diperlukan ketika teman-teman sudah masuk ke bab Backend.

Referensi :

https://glints.com/id/lowongan/manfaat-kopi-untuk-otak
https://www.kompasiana.com/gaferkimun/5deb57db097f367e710a32e3/mendengarkan-musik-sambil-belajar