KOMUNIKASI DALAM JARINGAN

1.PENGERTIAN KOMUNIKASI

      *KOMUNIKASI Adalah proses penyampaian perasaan pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain.dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak.(EFENDY,2000:13).

      *KOMUNAKASI Adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gugusan,informasi, dari seseorang keorang lain.(HARDOKO,2002:30).

Dengan Bahasa Gaul-nya adalah.“Gue ngomong Lo ngarti,Lo ngomong gua ngarti”.Atau dalam ragam tulis akan berbunyi Sebagai berikut.“Komunikasi terjadi jika saya berbicara Anda mengerti,Dan sebaliknya jika Anda  yang berbicara Saya Mengerti”.

2.FUNGSI KOMUNIKASI

  • SEBAGAI INFORMASI,Komunakasi membantu proses penyampaian informasi yang diperlukan individu dan kelompok untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data dan menilai pilihan-pilihan Alternatif. Contoh-nya Antara lain Sebuah Kabar Berita.
  • SEBAGAI KENDALI    ,Komunikasi bertindak untuk mengendalikan pelaku anggota dalam beberapa cara. Contoh-nya Antara lain ATURAN.
  • SEBAGAI MOTIVASI   ,Komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan kepada para karyawan apa yang harus di lakukan bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang dapat di lakukan untuk memperbaiki kinerja jika itu di bawah standar. Contoh-nya Antara lain PEMBINAAN DI SEKOLAH.
  • SEBAGAI PENGUNGKAPAN EMOSIONAL,Bagi sebagian komunitas,mereka memerlukan interaksi sosial.komunikasi yang terjadi di dalam komunitas itu merupakan cara anggota untuk menunjukan kekecewaan dan rasa puas. oleh karena itu,komunikasi menyiarkan lingkapan emosional dari perasaan dan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan sosial.Contoh-nya Antara lain PERASAAN YANG KITA RASAKAN.
  • SEBAGAI PENANDA

3.JENIS KOMUNIKASI.

       

      Kita mengenal 2(dua) jenis atau kategori komunikasi.

  • KOMUNIKASI LISAN/VERBAL,yaitu komunikasi menggunakan kata-kata baik hal itu di ucapkan maupun di tulis.
  • KOMUNIKASI NIRKATA/NONVERBAL,yaitu komunikasi menggunakan bahasa tubuh,bahasa gerak/gerak isyarat(gesture),atau gambar.PENGERTIAN KOMUNIKASI DALAM JARINGAN (DARING)

Setelah memahami makna komunikasi. Sampailah kita kepada komunikasi Daring.Istilah Komunikasi Daring mengacu pada membaca,menulis,dan berkomunikasi malalui/menggunakan jaringan komputer.(Warschauer, M.2001 pp. 207-212).

Komunikasi yang terjadi di dunia semu disebut lazim di sebut komunikasi di dunia maya atau CYBERSPACE.

Perkembangan pertama komunikasi Daring dimulai pada tahun 1960-an,ketika peneliti Amerika menggunakan protokol yang memungkinakan mengirim dan menerima informasi atau pesan melalui komputer.(HAFNER & LYON,1996).Protokol tersebut di namakan ARPANET, yang di luncurkan pada tahun 1969, akhirnya bekembang menjadi INTERNET. INTERNET bersal dari Interconnected Networks yang di singkat InterNetwork, atau Internet , yang digunakan oleh sekitar 200 juta orang di seluruh dunia pada pergantian millennium ke-3.