Bebras

Bebras merupakan aktivitas ekstra kurikuler yang dikompetisikan untuk mengedukasi kemampuan problem solving dalam informatika. Siswa peserta akan mengikuti kompetisi bebras di bawah supervisi guru, yang dapat mengintegrasikan tantangan tersebut dalam aktivitas mengajar guru. Kompetisi ini dilakukan setiap tahun secara online melalui komputer. Bebras pertama kali digelar di negara Lithuania dengan jumlah peserta terbanyak di dunia.

Kegiatan Bebras ini mengadakan lomba kompetisi yang berupa sekumpulan soal yang disebut Bebras taskBebras task disajikan dalam bentuk uraian persoalan yang dilengkapi dengan gambar yang menarik, sehingga siswa dapat lebih mudah memahami soal. Soal-soal tersebut dapat dijawab tanpa perlu belajar informatika terlebih dahulu, tapi soal tersebut sebetulnya terkait pada konsep tertentu dalam informatika dan computational thinkingBebras task sekaligus menunjukkan aspek informatika dan computational thinking.

Bebras didirikan di negara Lithuania oleh Prof. Valentina Dagiene dari University of Vilnius pada tahun 2004. Di Indonesia Bebras Challenge untuk pertama kalinya diselenggarakan pada bulan November 2016.

SMK Islam PB Soedirman 2 adalah salah satu peserta yang mengikuti program Bebras. Peserta didik dengan penuh semangat dan senang mengikuti kegiatan ini. Setiap peserta didik yang mengikuti kompetisi Bebras akan mendapatkan sertifikat yang bisa memberikan nilai tambah bagi mereka dalam melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi ataupun dalam dunia kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *