Bahasa Pemrograman

Setelah teman-teman mengenal Apa itu Coding, kali ini teman-teman harus paham Bahasa Pemrograman yang akan dipelajari. Tidak hanya manusia saja yang mempunyai bahasa tersendiri, Komputer pun mempunyai bahasa tersendiri yang dinamakan ‘Bahasa Pemrograman’. Sebuah aplikasi digital seperti Gojek, Tokopedia, Bukalapak, Ruang guru dibuat dengan dicoding menggunakan sebuah bahasa pemrograman.

Pengertian

Pada umumnya, bahasa adalah tools yang digunakan manusia untuk berkomunikasi antar negara atau digunakan untuk berinteraksi, bekerjasama, dan identifikasi diri. Begitupun dengan ‘Bahasa Pemrograman’, tools manusia untuk berkomunikasi dengan komputer. Jadi, pengertian dari bahasa pemrograman adalah sebuah tools manusia untuk berkomunikasi dengan komputer sehingga manusia dapat membuat sebuah aplikasi digital.

Tingkatan Bahasa Pemrograman

Tidak hanya sekolah saja yang mempunyai tingkatan, Bahasa pemrograman pun mempunyai tingkatan-tingkatan. Diantaranya :

   1. Tingkat Rendah (Bahasa Mesin)

Tingkatan ini adalah tingkatan bahasa pemrograman yang relatif sulit dipahami, karena hanya menggunakan angka 0 dan 1. Contoh : bahasa biner.

2. Tingkat Menengah (Bahasa Assembly)     
Tingkatan ini relatif mudah dipahami karena sudah mulai menggunakan huruf, angka dan simbol. Contoh : Assembler

3. Tingkat Tinggi (Bahasa Procedural)     
Tingkat ini mudah dipahami karena sudah jelas mendekati bahasa manusia. Hanya saja masih ada unsur simbol {, }, [, ], $, dan lain-lain. Contoh : C++, Java, Javascript, PHP, dan lain-lain.

Macam-Macam Bahasa Pemrograman

Sebenarnya banyak sekali bahasa pemrograman yang telah ada, contoh 10 Bahasa pemrograman yang banyak digunakan di Indonesia, diantaranya : 

1. JAVA

Java adalah bahasa pemrograman yang menggunakan konsep OOP(Object Oriented Programming) dimana semua syntax berisi object. Bahasa pemrograman ini dapat digunakan untuk membuat program desktop maupun mobile. Dikembangkan oleh James Gosling.

2. C

Bahasa C adalah bahasa pemrograman buatan Dennis Ritchie pada tahun 70-an. Bisa dikatakan bahwa Bahasa C adalah bahasa pemrograman tertua. C disebut ‘Bapak’ dari semua bahasa pemrograman lainnya seperti C#, C++, Java, Javascript, dan lain-lain.

3. VISUAL BASIC

Dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa pemrograman visual basic menawarkan IDE(Integrated Development Environment). Bahasa pemrograman ini merupakan keturunan dari bahasa BASIC.

4. C++

Bahasa C++ adalah bahasa terusan dari bahasa C. Dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup. Namun ada perbedaan antara C dengan C++. Perbedaan terletak di syntax. Jika, C menggunakan Procedural Programming, sedangkan C++ menggunakan syntax OOP(Object Oriented Programming).

5. PHP

PHP? Pemberi Harapan Palsu? Salah…. PHP(Php Hypertext Preprocessor) itu bahasa pemrograman serverside dimana diperuntukkan untuk membuat website dinamis. Bahasa pemrograman php sangat populer hingga saat ini. Bahkan Facebook menggunakan PHP. Dibuat oleh Rasmus Lerdorf.

6. JAVASCRIPT

Bahasa pemrograman Javascript adalah bahasa pemrograman yang dibuat untuk menjadikan website menjadi interaktif. Javascript dengan Java berbeda ya arek-arek. Banyak yang mengira bahwa Java dengan Javascript sama. Perbedaan terletak di penggunaan. Jika Javascript digunakan untuk membangun website, sedangkan Java digunakan untuk membuat aplikasi komputer, maupun aplikasi mobile. Dikembangkan oleh netscape.

7. PYTHON

Bahasa pemrograman Python dapat digunakan untuk membuat website maupun mobile. Bahasa ini termasuk dalam bahasa tingkat tinggi karena syntaxnya mudah dipahami. DIbuat oleh Guido van Rossum.

8. PERL

Perl adalah bahasa pemrograman yang menggabungkan kemampuan bahasa C, utilitas,bahkan fitur shell. Dibuat oleh Larry Wall.

9. RUBY

Bahasa pemrograman Ruby adalah bahasa pemrograman berbasis skrip yang menggunakan syntax OOP(Object Oriented Programming). Tujuan ruby dibuat adalah untuk menggabungkan kelebihan bahasa script lainnya. Dibuat oleh Yukihiro Matsumoto

10. SWIFT

Bahasa pemrograman Swift adalah bahasa yang dibuat untuk membuat aplikasi Apple. Swift menggunakan syntax OOP(Object Oriented Programming).

Teman-teman di program ini akan mempelajari HTML, CSS, JAVASCRIPT, PHP, dan MYSQL