Apa itu Website?

Sebelum membuat website teman-teman tau tidak, website itu apa sih? Website adalah kumpulan informasi dalam bentuk digital pada suatu domain di internet. Website bisa berupa blog, company profile, dan lain-lain. Kali ini teman-teman akan berkenalan sedikit mengenai website. Ada website statis dan ada website dinamis. Btw, website bisa menghasilkan uang lohh… Tertarik? Yuk dibaca lebih lanjut…

Sejarah

Web pertama kali dibuat oleh Tim Berners Lee di tahun 1980-an. kita panggil saja pak Tim ya. Pak Tim lahir 8 Juni 1955 (65 Tahun). Pak Tim memiliki nama resmi ‘Sir Timothy John Berners Lee’. Tujuan awal membuat website adalah mempermudah para peneliti dalam menerima informasi di tempat kerja-nya. Jika Pak Tim tidak lahir, Website mungkin tidak ada yah… Bayangkan jika di dunia ini tidak ada website. Kita pasti akan mengalami kesulitan dalam hal pertukaran informasi.

Unsur-unsur Website

1. Domain
Domain adalah nama unik yang ada pada sebuah website. contoh : https://tefapbs.com. Jika website diibaratkan produk, domain diibaratkan nama suatu produk.

2. Hosting
Hosting adalah tempat menyimpan file untuk website yang telah di online kan. Jika website diibaratkan produk, hosting diibaratkan tempat penyimpanan sebuah produk(website).

Jenis-jenis Website

1. Website Statis

Website Statis adalah website dimana hanya menampilkan informasi tanpa adanya pertukaran data. Seperti website blog, website berita, dan website company profile.

2. Website Dinamis

Website Dinamis adalah website dimana adanya pertukaran data dan umumnya terdapat fitur login,register, dan lain-lain. Seperti tokopedia, bukalapak, lazada, olx, dan masih banyak lagi.

Manfaat Website

1. Branding untuk Personal atau Organisasi
Membuat website bisa dapat memperbagus suatu branding baik personal maupun organisasi. Dengan website kita dapat membangun branding yang kuat dan terpercaya. Contohnya sekolah SMK Islam PB.Soedirman 2. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada seperti website, brand sekolah akan lebih mudah dikenal dan dinilai oleh masyarakat akan kualitas nya.

2. Menghasilkan Uang
Dengan membuat website, teman-teman bisa menghasilkan uang. Teman-teman pasti mau dong mendapatkan uang walaupun masih menjadi pelajar SMK. Sebenarnya ada banyak cara untuk menghasilkan uang di website, seperti membuat website dan memasangkan adsense, membuat website toko online, mebuat jasa pembuatan website seperti koderku.com

3. Dapat Berjualan
Masih pelajar ingin berjualan? berjualan seccara konvensional pasti teman-teman harus menyewa tempat sewa untuk berdagang, Alhamdulillah kalau teman-teman punya tempat sewa sendiri. Dengan menyewa tempat sewa untuk berjualan itu adalah cara zaman old. Zaman sekarang dengan teman-teman bisa membuat website, teman-teman bisa berjualan tanpa harus menyewa tempat sewa yang relatif mahal.