Apa itu Frontend Backend?

Frontend dan Backend termasuk sub menu dari “Smk Bisa Coding”. Jadi, teman-teman harus paham tentang frontend dan backend. Teman-teman boleh pilih mana yang ingin di pelajari. Apakah Frontend? Backend?


1. Frontend

Frontend adalah sebuah tampilan pada suatu aplikasi baik itu berupa website, mobile, maupun desktop. Seseorang yang melakukan coding Frontend biasa disebut dengan Frontend Programmer atau Frontend Developer. Pekerjaan Frontend mengurus semua urusan yang berkaitan dengan tampilan pada sebuah aplikasi. Contoh : Halaman login dan register, Homepage, Detil Produk, dan lain-lain. Apa aja yang harus dipelajari Frontend Developer? yang harus dipelajari yaitu : html, css, dan javascript.

2. Backend

Backend adalah sebuah proses yang ada dibalik aplikasi baik itu berupa website, mobile, maupun desktop. Seseorang yang melakukan coding Backend dinamakan Backend Programmer atau Backend Developer. Pekerjaan Backend mengurus semua urusan yang berkaitan dengan proses dibalik sebuah aplikasi. Contoh : Proses Register, Login, Pesan Produk, Pendaftaran, dan lain-lain. Apa aja yang harus dipelajari Backend Developer? yang harus dipelajari yaitu : php, dan database. Terlihat sedikit, akan tetapi penjelasannya sama banyaknya seperti materi Frontend lohhh teman-teman.

Setelah ini kita akan masuk ke materi pembelajaran Frontend ya teman-teman…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *